Tips Tujuh Tipe Cinta Romantis

Posted: Februari 22, 2010 in TIPS & TRIK

Tujuh Tipe Cinta Romantis
KEBAHAGIAAN terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai, begitu ujar pujangga Perancis Victor Hugo pada suatu kali. Selama berabad-abad manusia berusaha menafsirkan apa itu cinta, sehingga cinta pun datang dalam beragam definisi.

Tentu tidak masalah definisi cinta mana yang Anda pilih. Jika dipilah berdasarkan jenisnya, berikut ini adalah tujuh tipe cinta romantis yang umumnya menjadi landasan hubungan asmara sepasang kekasih:

1. Escapist love
Anda jatuh cinta kepada seseorang yang diharapkan mampu mengubah kehidupan Anda. Seseorang yang mampu membawa Anda keluar dari masalah eksistensi diri atau penderitaan psikologis, atau seseorang yang secara harfiah mampu menyelamatkan Anda.

2. Savior-complex love
Anda jatuh cinta karena berpikir dapat menyelamatkan atau memperbaiki ”kerusakan” yang diderita objek rasa cinta itu. Jenis cinta ini merupakan kebalikan dari escapist love.

3. Self-loathing love
Anda jatuh cinta kepada seseorang yang memperlakukan Anda dengan buruk, karena merasa patut mendapatkannya. Pada tingkat ekstrim, hubungan ini bisa melibatkan pelecehan emosional, caci-maki, serta kekerasan fisik. Jenis cinta ini merupakan kebalikan dari narcissistic love.

4. Redemptive love
Anda jatuh cinta karena merasa objek rasa cinta tersebut akan memberikan hal yang sama, rasa cinta yang membuat kehidupan Anda terasa lebih beharga dan bermakna. Hampir mirip dengan escapist love, namun jenis cinta ini sedikit lebih ekstrim.

5. Practical love
Anda jatuh cinta karena menyadari seseorang itu memiliki nilai-nilai dan tujuan hidup yang serupa dengan diri Anda, dan berharap Anda berdua dapat menggapainya bersama-sama.

6. Antonymical love
Anda jatuh cinta karena objek rasa cinta itu begitu berbeda, begitu eksotis. Dia melakukan hal-hal dengan cara yang sangat berbeda, sehingga Anda menjadi terpesona dan terpikat olehnya. Jenis cinta ini bertolak belakang dengan narcissistic love.

7. Narcissistic love
Anda jatuh cinta kepada seseorang yang memiliki kualitas yang sama dengan diri Anda. Melihatnya seolah memandang cermin yang merefleksikan bayangan Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s