Bintitan Bukan Karena Mengintip

Posted: Januari 22, 2010 in Belajar Hidup Sehat

Di kalangan masyarakat kita sering beredar mitos yang menyebutkan bahwa orang yang bintitan atau timbilen disebabkan karena punya kebiasaan mengintip. Padahal, para ahli medis mengatakan bahwa hal itu tidak benar. Yang benar, bintitan itu disebabkan kurangnya kebersihan mata.

Istilah kedokteran untuk bintitan atau timbilen adalah hordeoleum, yang artinya benjolan nanah pada kelopak mata atas atau bawah. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri stafilococcus aureus pada kelenjar-kelenjar di kelopak mata. Hordeoleum juga lebih sering timbul pada seseorang yang berjerawat atau mengalami radang kulit.

Penanganan pada bintitan kecil tidak memerlukan perawatan khusus alias bisa sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk kasus yang berat ada dua tahap terapi. Pada tahap awal, dapat diberikan kompres hangat. Kemudian, dokter akan memberikan semacam antibiotik.

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Kebiasaan seperti mengucek mata saat Anda belum mencuci telapak tangan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Karena kuman yang berada di telapak tangan Anda akan masuk ke dalam mata dan dapat menyebabkan mata Anda mengalami penyakit seperti bintitan atau timbilan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s