Lumpia Basah

Posted: April 28, 2010 in FOOD
Ada yang pernah denger apa itu lumpia basah??? pernah liat, makan, menyentuh atau bahkan jualan? good help me then. Lumpia basah itu salah satu makanan favorit gw. jaman kuliah s1, kalo gak sempet sarapan di rumah atau terbirit-birit ngejar kelas gak manusiawi yang masuk jam 7 pagi di hari sabtu n kelasnya dikunci dari dalem kalo telat, lumpia basah adalah penyelamat ketika ganti pelajaran di ciumbuleuit yang dingin. Sayangnya pas gw pindah ke jakarta, kok pada gak tau wujud lumpia basah itu kayak gimana si? gak ada yang jual pula. sedihnya!!!!!!!
Cuma gw bingung, asal-usul lumpia basah ini darimana si? gw dah coba browsing di internet tapi kok gak ada deskripsi tentang lumpia basah yang menyerupai lumpia basah bandung ya? gw kirain lumpia basah ini asli bandung. cuma si mamah tercinta yang kesundaannya tidak diragukan lagi pas pertama kali nyobain malah nanya: neng, kok kayak gini si, gak kayak lumpia semarang. Ya jelas gak kayak lumpia semarang kok, orang isinya aja beda. Lumpia basah yang banyak dijual di depan sekolahan ini tu gak pake udang dan gak pake rebung. Jadi, demi misi penelitian makanan kesukaan, gw sengaja gitu nongkrongin si mang lumpia yang lewat depan rumah. eh, yang jual malah gak gitu ngerti juga sejarahnya. Ditambah lagi dia juga gak ngitung sehari bisa jual berapa porsi, huehehehehe.
coba liat deh urutan foto-foto di atas. Bisa diliat, kalo lumpia basah bandung itu bahannya tauge, bengkoang yang digoreng, dan kalo mau dicampur sama telor. Cara masaknya tuh pertama siapin kulit lumpianya, trus diolesin sama cairan warna coklat yang kata si emang si dibikin dari gula merah dicampur aci (tepung kanji). Terus si toge, bengkoang dan telor itu ditumis pake campuran bawang merah, putih, garem dan penyedap rasa. Abis gitu, ditumplekin deh ke atas kulit lumpia dan digulung. CAra makannya gimana???? si gulungan lumpia dan daun pisang itu dimasukin ke dalem plastik trus dimakan deh pake sumpit. Jadi, darimanakah lumpia basah bandung berasal? jangan-jangan cuma satu lagi keisengan orang bandung dalam bikin variasi makanan lagi, nambahin brownies kukus, serabi rupa-rupa dan makanan ajaib nan enak lainnya.
Rekomendasi :
Hmm..jajanan Bandung yang satu ini banyak dijumpai di sekolah-sekolah. Campuran antara tauge, bengkuang dan telur ayam menjadikannya terasa gurih dan manis. Biasanya dimakannya dibungkus dengan kulit lumpia, daun pisang dan menggunakan sumpit. Bagi yang suka dan ingin mengetahui cara membuatnya bagaimana, bisa dicoba resep kali ini. Silahkan!

Belanja dulu yukz :

  • 1/4 kg tauge, dibersihkan ujungnya, dicuci bersih
  • 2 butir telur ayam
  • kulit lumpia secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok makan mentega
  • garam secukupnya
  • bumbu penyedap secukupnya
  • Bahan bengkuangnya :

  • 1 kg bengkuang, diiris panjang
  • 1 ons gula merah
  • air secukupnya
  • Bahan cairan pemanisnya :

  • 1 sendok sayur gula merah cair
  • 2 sendok makan tepung kanji
  • Bumbu halus :

  • 7 siung bawang putih, dipotong kasar
  • 1 sendok teh merica bulat

Sekarang ke dapur yukz :

  1. Semua bahan bumbu halus dicuci bersih, lalu digiling hingga halus menggunakan chopper.
  2. Sekarang kita buat campuran bengkuangnya : rebus gula merah dengan air, lalu saring (ambil sesendok sayur gula merah cair tersebut untuk cairan pemanisnya nanti). Rebus kembali gula merah cair tersebut dengan bengkuang. Masak hingga air habis dan bengkuang berwarna bening dan coklat.
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng dan mentega, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan telur ayam, aduk rata (seperti membuat telur orak-arik).
  5. Masukkan bengkuang yang sudah direbus dengan gula merah tadi, aduk rata.
  6. Terakhir masukkan taugenya, beri garam, bumbu penyedap, aduk rata semuanya dan masak hingga tauge lembut.
  7. Cara membuat cairan pemanisnya : campurkan gula merah cair dengan tepung kanji, aduk rata.
  8. Sekarang siapkan piring sajinya. Taruh satu lembar kulit lumpia di atasnya. Beri 3 sendok campuran cairan pemanis di atas kulit lumpia. Lalu taruh di atasnya campuran tauge, bengkuang dan telur tadi.
  9. Sajikan untuk porsi 1 piring adalah 1 orang.

Tips :
– Jika tidak suka disajikan dengan piring, bisa dibungkus dengan daun pisang (seperti yang terlihat pada gambar).

Pesan : Selamat Menikmati…

Komentar
  1. Melisa Handra mengatakan:

    salam kenal,

    makasih buanget :) ya ampiyun dulu waktu saya di bandung suka bgt makan lumpia ini. kemaren sampe tergila2. dan bener bgt , sjak pindah jakarta ga pernah nemu yg beginian :( , sampe akhirnya saya browsing ktemu deh resep nya.. makasih banget ya . infonya sangat membantu ^^

    -Melisa-

    • onestopinformation mengatakan:

      salam kenal juga, iya sama sama semoga bisa bermanfaat buat kedepannya. klo lagi kangen mau makan lumpia jadi ga nyari gerobaknya tinggal pergi kepasar trus bikin. hehehe…. :D

      good luck and haven nice day.

  2. fuji mengatakan:

    mas mksh y…aq lg btuh ni resep’y,dah pindah djkrta g da satupun yg jualan lumpia nie…trpksa nyoba bikin sndri…lg pgn bgt mkn jajanan khas bandung ni..thnks ^_^

    • onestopinformation mengatakan:

      kmrn sempat bikin, tapi warna di bengkoang sedikit kurang kaya aslinya. ternyata pada saat merebus itu harus di tambah kecap. jadi bukan cuma hanya gula merah / gula jawa saja. selamat mencoba… terma kasih sudah mampir di blog saya.

      Regards

  3. Shella mengatakan:

    makasieh ea…ini memamng makanan favorit aku..sekarang jadi tau deh resepnya kaya ap…makasih ea..
    kapan2 mau d coba..

  4. wida mengatakan:

    makasih resepnya ya…

  5. Biro-Perjalanan mengatakan:

    hai….. ternyata setelah hasil survei ada yang jual lumpia basah versi bandung di daerah condet (tempat tinggal mereka). biasa dia keliling dari PGC sampai cawang. kadang pagi dan sore suka masih ada.

  6. erika mengatakan:

    makasih baget ya resepnya dah setengah mati bolak baliknyari baru ini ketemu, jadi inget zaman kuliah dibandung dulu sampre ngantre berdiri dipinggir jalan demi lumpiah basah ntar klu berhasil mau usaha ini dibengkulu lucu kali ya

    • Biro-Perjalanan mengatakan:

      haha…. iia yah. jaman jamannya kuliah sampe ngantri berdiri. cuma gara gara ngidam lumpia. jadi kangen kehidupan kuliah di bandung… unikom.
      di coba usahanya, semoga bisa menjadi pintu rezeqy yg baru dan lebih baik…

  7. Tria mengatakan:

    Terimakasih banyak resepnya. Boleh dicoba ya…, rencananya mau buka usaha lumpia basah. :D

  8. deasy mengatakan:

    Coba ya resepnya…jd kangen jaman kuliah…btw salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s